TIPS TRIK Facebook

Gonta-ganti Username

Username di Facebook adalah nama pengguna yang berbentuk link. Link tersebut berisi profil. Username Facebook bersifat unik, artinya satu username hanya bisa dimiliki oleh satu orang. Jadi, siapa cepat dia dapat.

Facebook meletakkan username dibelakang nama domainnya. Misalkan kamu menggunakan username ipin, maka alamat profilmu menjadi www.facebook.com/ipin. Untuk mendapatkan username Faacebook kamu bisa mengujungi www.facebook.com/username. Di sana kamu bisa menentukan username yang kamu mau. Ingat, kamu hanya bisa menentukan username lewat alamat ini satu kali saja.



Kalau username sudah terlanjur dibuat, kamu enggak bisa lagi sembarangan mengganti dari www.facebook.com/username. Kamu harus melakukan trik ini:

1. Klik menu “Settings” dan piih “Account settings” atau klik https://register.facebook.com/editaccount.php?ref=mb&drop

2. Klik tombol “Change” pada bagian username.

3. Masukkan username yang diinginkan, lalu tekan “Check availability”.

4. Jika username yang diinginkan tersedia, Silakan klik “Confirm”.



Bikin Beda Status


Update status dengan tampilan standar sedikit membosankan. Nah, inilah cara untuk bikin status unik mirip emoticon dan smiley dengan aplikasi Facebook.

Caranya:

1.

Login terlebih dahulu ke Facebook kamu.

2. Buka aplikasi ini http://apps.facebook.com/statussymbols/.

3. Klik Izinkan.

4. Pilihlah beberapa kode atau karakter menarik untuk memperindah status Facebook kamu dengan cara mengklik tombol kode karakter tersebut.

5. Kalau sudah selesai memilih, blok semua tulisan dan kodenya. Caranya, tekan “Ctrl + A” lalu “Ctrl + X”.

6. Setelah itu pindahkan ke status Facebook kamu. Caranya taruh pointer di kotak pengisisan status, lalu tekan “Ctrl + V”.



Mengatasi Akun Facebook yang Di-hack

Facebook menjadi sesuatu yang sangat populer dan menggoda banyak orang untuk bergabung dalam situs mereka. Baik orang bergabung di Facebook hanya untuk sekedar ingin berteman, bermain, berbisnis, atau bahkan spammer dan hacker yang mencoba membuat perusakan dalam sistem Facebook.

Banyak sekali metode hacking yang dipakai untuk menjebak para pengguna Facebook. Salah satunya yaitu dengan metode phishing seperti yang dilakukan oleh FBAction.net. Metode phising menipu pengguna dengan situs palsu untuk mendapatkan username dan password akun seseorang. Untuk mengatasi masalah ini ,kamu harus melakukan langkah-langkah berikut:

1. Instal dan scan computer kamu dengan antivirus devinisi terbaru, bila memungkinkan, gunakan antiphising terbaru.

2. Bila rekan-rekan kamu menerima pesan yang tidak kamu kirim, segera ganti password kamu. Kamu bisa membuat password baru dari halaman Account Settings. Buatlah password yang kompleks, terdiri dari huruf besar, kecil dan angka. Bila perlu gunakan karakter khusus seperti: ~!@#$%^&*()_+{}:”?/]/=. Jangan gunakan password yang umum ada di kamus, apalagi kurang dari enam karakter.

3. Kalau sudah kadung kebobolan, passwordnya diganti orang lain, coba gunakan fitur Forgot your password untuk mengambil kembali akses kea kun utama kamu.

4. Jangan jalankan file.exe apapun yang tidak kamu kenal do komputer kamu.

5. Kalau semua cara telah dilakukan tapi kamu sudah kadung kena hack dan tidak bisa mengakses profil, laporkan ke http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=account_compromised untuk mendapatkan pertolongan dari Facebook.



       

Tampilkan Teman Pilihan

Teman yang muncul di daftar friends sering berubah-ubah setiap saat. Sering sekali justru teman yang belm pernah kamu kenal sebelumnya tiba-tiba muncul di urutan paling atas di daftar friends. Menyebalkan bukan?

Kamu tidak akan menemukan masalah di atas kalau mau mengatur siapa saja yang menduduki urutan terdepan daftar temanmu.

Ini dia caranya:

1.Buka Browser dan login ke Facebok.

2.Pastikan kamu berada dihalaman profile.

3.Klik ikon yang berbentuk pensil pada kolom friends.

4.Masukkan nama akun teman kesayanganmu pada kotak “Always show these friends”. Lalu tekan tombol “Enter”.

5.Lakukan berulang-ulang, sampai teman kesayanganmu muncul di bagian depan daftar friends.



Singkirkan Iklan Facebook

Layanan gratisan identik dengan iklan. Hal ini juga terjadi di Facebook. Iklan-iklan tersebut jelas memakan bandwidth. Tak masalah, kamu bisa memanfaatkan Addon Stylish di Firefox untuk menyingkirkan iklan di Facebook.

Caranya:

1.Buka link https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/2108

2.Klik tombol “Add to Firefox” di halaman add-on tersebut. Saat muncul konfirmasi, pilih “Install now”.

3.Restart Firefox (tutup Firefox, lalu buka kembali).

4.Buka Facebook menggunakan Firefox.

5.Klik gambar kertas dan kuas yang ada di kanan bawah Firefox.

6.Pilih sub menu “Fine style for this page”.

7.Pada halaman baru yang terbuka, pilih menu “Remove Ads”.

8.Lihat bagian Instal Option, lalu klik tombol “Load into Stylish” dan klik “Save”.



Cara Gampang Bikin Event

Event atau acara adalah fasilitas yang disediakan Facebook untuk para pengguna dalam membuat jadwal sebuah acara. Ini cara yang lagi “in” untuk menyebarkan undangan buat banyak orang. Fungsinya kurang lebih sama seoerti kartu undangan yang akan dikirimkan ke rumah orang-orang. Bedanya ini dikirimkan secara elektronik lewat Facebook. Jadi lebih hemat waktu dan biaya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah pertama, klik aplikasi di kiri mbawah layar. Pilih acara, dan pilih Buat acara di kanan atas jendela. Cara gampangnya bisa mengunjungi http://www.facebook.com/events/create/index.php setelah login ke akun Facebook. Isi form yang disediakan. Isi semua kolom, terutama dibagian yang ditandai “wajib diisi”. Setelah semua diisi, silakan klik tombol “Buat acara”.

Langkah kedua, hanya berisi konfirmasi untuk mempublikasikan event tersebut di wall atau tidak. Kamu bisa melewati tahapan ini dengan menekan tombol “Simpan”.

Langkah ketiga, undang teman-teman kamu ke acara yang kamu selenggarakan dan, terakhir, klik tombol Selesai dan lihat.



Interaksi Adobe Air di Facebook

Ada aplikasi baru . Namanya Facebook Desktop for Adobe AIR. Aplikasi ini bisa diinstall di desktop dan bisa menghubungkan pengguna dengan Facebook mereka. Kalau biasanya untuk melihat update dari teman kita harus melakukan refresh dari halaman Home, maka dengan aplikasi ini update bisa didapatkan secara realtime. The Facebook Desktop for Adobe AIR tiap detik akan menyuguhkan update-update terbaru dari teman-teman kita.

Untuk menginstal aplikasi ini, pertama-tama kamu harus mengunduh dan menginstal Adobe AIR dari http://get.adobe.com/air/. Kalau Adobe AIR telah terinstal, kunjungi http://blog.facebook.com/blog.php?post=79988352130.

Dari aplikasi ini kamu bisa melihat update teman secara realtime,ataupun memberikan komentar pada status teman tampa harus membuka browser. Kelemahannya, jika kita klik update teman yang baru mengupload foto, maka aplikasi ini tetap memerlukan browser untuk melihat foto tersebut.






Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "TIPS TRIK Facebook"

  1. seru ni blog

    thax kak

    BalasHapus
  2. ane jg berbagi tips gan, shortcut untuk FC:
    http://hot-iceindonesia.blogspot.com/2013/12/tombol-pintas-facebook-atau-shortcut.html

    BalasHapus