Membuat Video tutorial Aplikasi pada ponsel

Saat sekarang ini perkembangan teknlogi sangat pesat, banyak teknologi baru yang bermunculan. Tidak hanya komputer saja, ponsel pintar yang dulunya menjadi barang mewah sekarang sudah menjadi barang yang lumrah. Hal ini tidak lain karena harga ponsel pintar yang mulai terjangkau. Tidak hanya kalangan bisnis saja yang memanfaatkan ponsel pintar ini, bahkan anak-anak sekolahpun sudah mulai menggunakan ponsel jenis ini, tak peduli apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau hanya sebagai gaya-gayaan semata.
Pesatnya ponsel pintar juga tak ayal membuat makin maraknya aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya. Dari mulai aplikasi pertemanan, pemutar musik, permainan, sampai aplikasi POS (Point of Sales) yang banyak di pakai oleh sales-sales perusahaan retail. Ponsel bukan lagi sebagai alat komunikasi semata, ponsel telah menjadi alat yang serbaguna yang dapat di manfaakan dengan lebih.
Pada artikel ini penulis akan membahas sebuah aplikasi yang dapat di pakai untuk me-remote sebuah ponsel pintar dari komputer. Apalikasi tersebut bernama MyMobiler, yang dapat di download di sini http://www.mymobiler.com/, sayangnya aplikasi ini hanya mendukung Windows Mobile.
clip_image001
Berikut versi Windows Mobile yang di dukung oleh MyMobiler :
  • Windows Mobile 2003
  • Windows Mobile 5.0 / 6.0 / 6.5
Selain gratis aplikasi ini juga mudah untuk di install dan di gunakan, untuk melakukan hubungan antara Windows Mobile dan komputer MyMobiler menggunakan 2 cara, satu dengan memanfaatkan ActiveSync dan yang kedua dengan menggunakan IP address.
Fitur-fitur yanga da pada My-Mobiler antara lain :
· View your mobile screen on your desktop. Tampilan mobile screen ponsel anda akan di tampilkan penuh pada desktop komputer anda, seperti terlihat pada gambar di atas.
· Control your mobile by using desktop keyboard and mouse. untuk mengontrol ponsel anda bisa menggunakan mouse dan tombol keyboard.
· Copy/Cut/Paste text between mobile and desktop. Salah satu fitur yang sangat menarik, jika anda ingin meng-copy teks antar ponsel ke komputer atau sebaliknya, misal meng-copy teks sms anda tinggal melakukan blok SMS pada ponsel kemudian klik kanan pilih copy selanjutnya anda tinggal melakukan paste pada Notepad yang ada di Desktp dan berlaku sebaliknya.
· Capture mobile screen. Anda bisa mengcapture layar pada ponsel sebagai file gambar dan juga file video. Fitur ini sangat berguna ketika kita ingin membuat sebuah tutorial aplikasi yang ada pada ponsel.
· Drag and drop files to your mobile. Untuk memindahkan file dari komputer ke ponsel anda juga bisa langsung dengan geser file yang akan di copy kemudian taruh pada layar ponsel.
· Support ActiveSync / IP Connection. Untuk dapat konek ke ponsel My-Mobiler menggunakan 2 cara yaitu ActiveSync dan IP address.
· Support Mobile Explorer (File Browse). My-Mobiler juga menyediakan sebuah File Browser untuk untuk meng-explore file-file anda.
· Run Command by Ctrl-Enter. Untuk menjalankan aplikasi yang terdapat pada ponsel anda juga bisa menggunakan perintah, dengan menekan tombol Ctrl + Enter kemudian mengetikan perintahnya seperti notes, start, hode dan lain-lain.
Berikut langkah-langkah untuk membuat Video tutorial aplikasi pada ponsel :
1. Download terlebih dahulu MyMobiler di sini http://www.mymobiler.com/.
2. Kemudian install pada komputer, proses instalasi sangat mudah sekali, anda tinggal melakukan next, next dan Finish J
clip_image003
3. Hubungkan ponsel anda dengan komputer (baik menggunakan kabal data atau Bluetooth) kemudian jalankan aplikasi MyMobiler. Klik 2 kali pada file MyMobiler.exe. Pastikan sebelumnya ponsel anda dapat terhubung dengan komputer dengan ActiveSync.
clip_image005
4. MyMobiler akan menginstall sebuah service pada ponsel, tunggu beberapa saat setelah selesai MyMobiler pada komputer akan mengecek service yang ada pada ponsel jika sudah aktif selanjutnya akan terjadi koneksi. Gambar di bawah memperlihatkan telah terjadi koneksi, dan seri ponsel yang penulis gunakan.
5. Ponsel (Windows Mobile) berhasil di remote.
6. Selanjutnya      bagaimana menggunakan MyMobiler untuk meng-capture ponsel dengan keluaran file video. Klik pada icon Video Recorder.
7. Muncul jendela Save video As, beri nama file kemudian klik tombol Save.
clip_image014
8. Selanjutnya anda dapat menjalankan aplikasi pada ponsel yang ingin di buat tutorial videonya.
9. Setelah selesai klik icon Video Record kembali.
10. Muncul PopUp Video play, Klik tombol Yes untuk menyaksikan hasil rekamannya.
11. Hasil video recording di jalankan dengan Windows Media Player.
Sangat mudah sekali bukan? selain keluaran file video anda juga bisa membuat tutorial dengan keluaran file gambar. Dengan menggunakan MyMobiler memudahkan anda untuk membuat tutorial baik berupa gambar dan video di banding anda harus menginstall aplikasi pada ponsel anda.
Di ambil dari Tabloid PC Plus Edisi 375


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Video tutorial Aplikasi pada ponsel"

Posting Komentar