Facebook Resmi Membeli WhatsApp Senilai $ 16 milyar

whatsapp, news, facebook, alikasi whatsapp, mesenger

Facebook telah mengumumkan akuisisi WhatsApp sebesar $ 16 milyar, termasuk $ 4 milyar dalam bentuk tunai dan $ 12 milyar dalam bentuk saham Facebook. Tambahan $ 3 milyar pada unit saham terbatas yang akan diberikan kepada pendiri dan karyawan WhatsApp selama 4 tahun ke depan setelah kesepakatan selesai.

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik pada WhatsApp. Sepertinya Google sudah membuat tawaran untuk aplikasi messenger ini, tapi ditolak.

Menurut Fortune, beberapa sumber yang mengetahui tentang tawaran itu mengatakan bahwa Google menawarkan untuk mengambil alih WhatsApp sebesar $ 10 milyar. Sementara itu, Facebook menempatkan harga akuisisi akhir sebesar $ 19 milyar, hampir dua kali lipat harga yang ditawarkan Google.

Menanggapi berita akuisisi ini, ada ribuan pengguna WhatsApp yang tidak menyukai kenyataan bahwa WhatsApp telah dibeli oleh Facebook dan mengancam untuk berhenti menggunakannya.

Ini adalah reaksi spontan ketika sebuah produk independen yang telah mereka gunakan selama bertahun-tahun akan ditelan oleh sebuah perusahaan besar.

Mungkin ada kekhawatiran privasi, serta ketakutan adanya perubahan. Meskipun ada jaminan dari Facebook dan WhatsApp bahwa aplikasi tidak ada yang akan berubah dan tidak akan ada banjir iklan pada platform.

Memang, ini bukan yang pertama untuk mendengar keluhan seperti itu. Banyak suara mengaku protes dan berhenti dari layanan ketika diakuisisi, termasuk ketika Tumblr dibeli oleh Yahoo, atau ketika Nest diakuisisi oleh Google.

Intinya adalah bahwa ancaman tersebut akan dibuat setiap kali sebuah perusahaan besar membeli perusahaan kecil. Bagaimanapun, pengguna perlu memahami bahwa uang adalah satu-satunya hal yang akan membuat bisnis bertahan, dan perusahaan-perusahaan besar yang pada akhirnya akan menjadi sumber dana untuk aplikasi favorit mereka. Dengan sumber dana baru, mereka akan dapat terus berinovasi tanpa khawatir tentang dananya habis.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah WhatsApp akan ditarik dari App Store setelah akuisisi Facebook, jawabannya adalah tidak. Menurut CEO Facebook, Mark Zuckerberg, layanan ini akan terus beroperasi seperti biasanya.

Dalam mengumumkan akuisisi WhatsApp, Zuckerberg menguraikan bahwa WhatsApp akan terus beroperasi secara independen dalam Facebook. Roadmap produk akan tetap tidak berubah dan tim WhatsApp akan tetap di Mountain View. Bahkan, Zuckerberg berjanji untuk membuat layanan yang lebih baik.

Enhanced by Zemanta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Facebook Resmi Membeli WhatsApp Senilai $ 16 milyar"

Posting Komentar